Senin, 17 Maret 2014

jaringan MAN

Jaringan MAN

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Jaringan man
Jaringan man

 Perlengkapan untuk Jaringan MAN:
  1.     HUB    
Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuacentral connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah hub bisa active atau passive. Active hub bertindak sebagai repeater; ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan; ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh network.Hub adalah central utnuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah. Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkan computer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah .
      
  2.    modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulatormerupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyalpembawa
(carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulatoradalah bagian yang memisahkan
sinyal informasi (yang berisi data ataupesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga
informasi tersebutdapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkatkomunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yangdisebut ”modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya,namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai
Perangkat keras yangsering digunakan untuk komunikasi pada komputer
 — Contoh MAN
 1. Hubungan antara suatu sekolah dengan Dinas Pendidikan di kota tersebut untuk memberi kabar tentenag adanya acara d sekolah ataupun yang lainnya.
2. Pengiriman surat tugas dari suatu kantor pusat ke kantor cabang dalam 1 kota

Share this:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar