Senin, 17 Maret 2014

cara membuat catatan kaki di word 2003

Cara Membuat Footnote dan Endnote Pada Microsoft Word

Cara membuat footnote dan endnote di microsoft word sering menjadi sangat krusial. Apalagi bagi yang bekecimpung di dunia pendidikan dan tulis menulis. Dalam penulisan paper, makalah, maupun karya tulis lainnya, sering kali tulisan tersebut diharuskan mencantumkan catatan kaki (footnote) dan catatan belakang (endnote).
Footnote dan endnote berfungsi untuk memberi kredit kepada sumber materi yang dikutip. Footnote dan endnote juga digunakan untuk menyampaikan keterangan tambahan yang dibutuhkan atau untuk merujuk bagian lain dari karya ilmiah. Tata cara pembuatan footnote maupun endnote sama, hanya peletakkannya saja yang berbeda. Footnote diletakkan di bagian bawah setiap halaman, sedang endnote pada akhir tulisan atau bab.

Untuk membuat atau memunculkan footnote ataupun endnote dalam dokumen microsoft word sangat mudah. Blog Belajar Word dan Excel kali ini akan membagi caranya. Tips word ini beserta langkah-langkahnya bisa disimak dalam video tutorial berikut ini.
Atau ikuti langkah-langkah tips microsoft word dalam membuat footnote dan endnote berikut:
  1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan disisipi footnote atau endnote.
  2. Pilih dan klik tab menu "References"
  3. Klik tanda panah di pojok kanan bawah pada ribbon .
  4. Muncul dialog box (jendela) Footnote and endnote.
    • Pada bagian "Location", pilih dan klik:
      • Footnote, jika ingin membuat catatan kaki (pilih "Bottom of page")
      • Endnote, jika ingin membuat catatan belakang (pilih "End document")
    • Pada bagian Format:
      • Number format: format penomoran yang diinginkan (tersedia angka, huruf, dll)
      • Custom mark: menggunakan simbol
      • Start at: angka awal dimulainya footnot dan endnote
      • Numbering: dengan pilihan "Continuous" (penomoran di halaman berikutnya melanjutkan dari halaman pertama); "Restart each section"; dan "Restart each page" (penomoran di setiap halaman dimulai dari awal)
    • Apply Changes to (biarkan saja)
  5. Jika sudah klik "Insert".
  6. Nomor footnote atau endnote muncul di akhir kata atau kalimat yang dipilih. Dan kursor muncul di tempat penulisan footnote atau endnote.
  7. Tuliskan footnote atau endnote yang diinginkan.
  8. Untuk menambahkan footnote atau endnote yang lainnya ulangi langkah di atas (langkah nomor 4 tidak perlu diulang lagi).
Oke, itulah bagaimana cara menuliskan dan membuat footnote dan endnote pada dokumen microsoft word dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Semoga tips word ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar